ARI JULIANTO Network www.arijulianto.com

Oleh | HTML | | Dibaca 2.420 kali | 0 komentar

Baiklah, kita telah mengetahui berbagai hal tentang HTML, dan kali ini saya mencoba berbagi mengenai rancang dasar pembuatan layout website dengan HTML. Ini adalah hal paling mendasar sebelum memasuki tahapan berikutnya, yakni ke pemrograman PHP. Bekal dasar yang diperlukan adalah pemahaman seputar CSS.

Layout sebuah website amat beraneka ragam, namun secara garis besar kalau dilihat dari modelnya dibedakan menjadi 2, yakni layout fixed dan fluid.

Layout Fixed

Layout fixed adalah layout website yang dimensi lebarnya ditentukan dengan satuan pixel, persen, dan lain sebagainya. Layout ini lebih mudah dalam pengelolaannya karena ukuran lebarnya yang pasti. Di bawah ini adalah beberapa contoh layout fixed standar yang banyak digunakan

layout website

Layout Fluid

Layout fluid adalah layout yang dibuat mengikuti ukuran dari dimensi browser. Berbeda halnya dengan layout fixed, layout fluid ini dalam penentuan lebarnya tidak menggunakan dimensi secara pasti (fixed) dengan satuan pasti, tapi lebih cenderung menggunakan satuan persen.

Oke untuk sementara pembahasan kali ini selesai dulu sampai sebatas pengenalan jenis layout website. Untuk teknik pembuatannya akan saya bahas pada tutorial lain kali.