ARI JULIANTO Network www.arijulianto.com

Oleh | Materi Kuliah | | Dibaca 1.373 kali | 0 komentar

Sejarah Bahasa C

Bahasa Pemrograman C diciptakan dan dikembangkan oleh Brian Kernighan dan Denis Ritchie di Bell Research Labs. Bahasa Pemrograman C secara khusus diciptakan untuk memudahkan pengaksesan seluruh internal register, I/O slots dan address dari sebuah komputer.

Pada awal tahun 1960-an, sistem operasi komputer mulai menjadi jauh lebih kompleks dari sebelumnya karena adanya pengenalan multi terminal dan kemampuan multi prosessor, Pada perkembangan selanjutnya Bahasa C digunakan untuk mengimplementasikan pengembangan beberapa sistem operasi yang semula menggunakan bahasa Assembly termasuk Sistem Operasi Unix.

Pada tahun 1986 dikembangkan superset C (kompatibel dengan C namun dilengkapi dengan kemampuan pemrograman berorientasi objek) oleh Bjarne Stroustrup yaitu bahasa C++. Tetapi pada implementasinya C++ masih digunakan dalam pemrograman terstruktur dikarenakan pustaka C++ lebih mudah dipahami dan C++ memungkinkan panggabungan antara pustaka yang dimiliki oleh C dan C++.

Terdapat beberapa standar yang dikembangkan untuk bahasa C yaitu defenisi Kernighan dan Ritchie, ANSI-C dan defenisi AT&T (untuk superset C, C++), Penggunaan bahasa C banyak dipakai untuk :

  1. Membuat sistem operasi dan program-program sistem
  2. Pemrograman yang "dekat" ke perangkat keras (misalnya kontrol peralatan)
  3. Membuat tool kit
  4. Membuat program aplikasi (misalnya Dbase, WordStar, Lotus123)

Pemrograman Bahasa C

Baik kita awali dengan struktur penulisan bahasa C. Program C tersusun atas sejumlah blok fungsi. Sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Bagian pernyataan fungsi (tubuh fungsi) diawali dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }. Bentuk umum dari suatu fungsi :

praprosesor 
Nama-fungsi(daftar parameter) 
Deklarasi parameter; { 
 Tubuh fungsi 
}

1. Praprosesor #include

#include merupakan pengarah praposesor yang dipakai untuk membaca suatu file yang dinamakan file judul(header file) atau file pustaka, yaitu file yang diantaranya berisi deklarasi fungsi dan deklarasi konstanta. Beberapa file judul disediakan dalam C/C++. file header ini mempunyai ciri yaitu namanya diakhiri dengan ekstension .h.

Bentuk umumnya :

#include <namafile> atau #include "namafile"

2. Fungsi main

Pada program C/C++, main merupakan fungsi yang harus ada pada program. Sebab fungsi inilah yang menjadi titik awal dan titik akhir eksekusi program. Tanda { diawal fungsi menyatakan awal tubuh fungsi dan tanda } diakhir fungsi merupakan akhir tubuh fungsi dan sekaligus adalah akhir eksekusi program. Bentuk umum dari fungsi ini :

int main() 
{
   tubuh fungsi; 
   return 0; 
}

Nilai return pada fungsi main akan mengembalikan suatu nilai ke lingkungan yang menjalankan program (biasanya berupa angka integer, yang menyatakan tingkat kesalahan yang terjadi pada saat terminasi program). Kebanyakan program tidak mengembalikan nilai sehingga deklarasinya menjadi void main().

3. Jenis Kalimat (Statement) Dalam C/C++

Kalimat dalam bahasa C/C++ selalu diakhiri dengan tanda titik koma (;). Kalimat dapat digolongkan menjadi dua yaitu kalimat yang tidak eksekusi (komentar) dan yang dieksekusi (instruksi).

  1. Kalimat (non-executable): Komentar dituliskan diantara tanda "//" dan "/*...*/". Disarankan agar setiap komentar dituliskan dalam satu baris, walaupun dalam bahasa C dimungkinkan untuk membuat komentar yang terdiri dari lebih dari satu baris. Komentar tidak akan dieksekusi oleh computer.
    Misal :
    Komentar dalam satu baris
    //Pembuat program : tim programmer stmik bandung
    Komentar dalam dua baris
    /*Deskripsi : Progam menerima inputan berupa data mahasiswa yang terdiri dari Nim, Nama dan Jurusan */
  2. Kalimat (executable): Instruksi yang akan dikerjakan oleh komputer, meliputi pemberian harga, kondisional, pengulangan atau kalimat pencabangan sebagai berikut :
    - assignment (dengan operator =), contoh: a=7; atau nama="Ari Julianto";
    - kondisional
        if (kondisi){ statement benar };
        if (kondisi) { statement benar } else { statement salah };
        switch
    - pengulangan, yakni while, do while, for
    - pencabangan, yakni goto, break, continue, return

Menulis Program

Baiklah sekarang waktunya kita memasuki contoh dan pembahasan

#include <stdio.h>
#include <iostream.h>

main()
{
printf("Test...");

system("PAUSE");
return 0;
}