ARI JULIANTO Network www.arijulianto.com

Oleh | HTML | | Dibaca 2.917 kali | 0 komentar

Mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam sebuah dokumen --entah web maupun office, dll-- memiliki judul. Sebenarnya tidak masalah sebuah tulisan tidak tertera judul, namun alangkah bijaknya bila di setiap tulisan disertakan judul, ya antisipasinya ketika ada orang lain yang membaca akan mengetahui apa inti materi tersebut.

Oya takut salah.... alangkah baiknya kalo sebelumnya saya sampaikan dulu bahwa yang dimaksud judul di sini bukan judul yang akan tampil di title bar, tapi sekedar judul dalam dokumen web :D

Nah kali ini saya akan mencoba membahas cara membuat judul pada dokumen web, tentunya dengan HTML. Dalam dokumen HTML, blok judul dibagi menjadi 6 level. Blok judul ini disebut dengan heading. Untuk membuat judl dokumen caranya cukup sederhana, yang kita perlukan adalah tag

<Hx>...</Hx>
Ket:
H = heading (tag untuk menandakan blok judul)
x = level dari blok heading (nilainya 1 sampai 6)

Untuk melihatnya mari kita buat pada notepad kode html seperti ini.

<h1>Heading 1</h1>
<h2>Heading 2</h2>
<h3>Heading 3</h3>
<h4>Heading 4</h4>
<h5>Heading 5</h5>
<h6>Heading 6</h6>

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Sedikit pembahasan mengenai blok heading....

  • Seluruh blok heading akan dicetak tebal.
  • Berbeda dengan tag <FONT size="x">...</FONT>, heading 1 ukurannya paling  besar dan heading 6 paling kecil (kalo font size=1 paling kecil dan size=6 paling besar)
  • H1 setara dengan ukuran font 6 (24pt)
    H2 setara dengan ukuran font 5 (18pt)
    H3 setara dengan ukuran font 4 (14pt)
    H4 setara dengan ukuran font 3 (12pt)
    H5 setara dengan ukuran font 2 (10pt)
    H6 setara dengan ukuran font 1 (8pt)
  • Ukuran blok heading yang sama dengan default font terdapat pada H4 (12pt)

Nah... sekarang Anda dapat menentukan sendiri blok level berapa judul yang Anda butuhkan pada web page Anda, ya intinya tergantung ukuran standar teks pada halaman web Anda. Bila ukuran dokumennya kecil saya kira dikasih blok judul H4 juga cukup tapi terserah Anda, tergantung selera dan gimana bagusnya :D

Ada sebuah kasus nih.... kalo lihat sebuah novel, kadang posisi judul tidak selalu di tengah atau di kiri, betul gak??? Nah gimana kasusnya kalo kayak gituu??? Jawabannya gampaaang.... Anda sudah bisa memformat perataan paragraph??? Ya seperti itu lah caranya, mirip banget, cukup memberi atribut align yang bisa diisi dengan left, right, atau center.

<H1 align="left | right | center">...</H1>

Mari kita lihat dari contoh ini.

Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Komponen Komputer

Motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.

CATATAN:
  • Dengan menggunakan blok heading, Anda tidak perlu lagi menggunakan perintah pemisah antar baris seperti <br> karena secara default blok heading dengan isi paragraph akan memiliki jarak.
  • Jangan gunakan heading untuk isi dokumen web Anda.