ARI JULIANTO Network www.arijulianto.com

Oleh | HTML | | Dibaca 2.222 kali | 0 komentar

Saya yakin pasti Anda mengenal sebuah program keluaran Microsoft ini. Produk Microsoft Office tentunya, dan program tersebut adalah Microsoft Word. Siapa yang gak kenal coba?? Anak SD aja udah bisa tuh :D.

Naaah.. dalam bahasan sekarang saya akan mencoba berbagi untuk membuat dokumen pada halaman web menjadi lebih cantik layaknya kita membuat dokumen pada Ms. Word. Oke dari pada berlama-lama, mendingan kita langsung aja ke inti permasalahannya :)

1. Merapikan Paragraph
Untuk merapikan paragraph cukup menambahkan atribut align pada tag <p> dan diisi dengan nilai perataan yang diinginkan. Ada empat pilihan yang tersedia dalam atribut align ini yaitu left, right, center dan justify. Nah sekarang tergantung paragraph itu memerlukan perataan yang mana.. Bila paragraph itu adalah sebuah dikumen, biasa memerlukan paragraph yang rapi dan secara tidak langsung diperlukan tag <p align=";justify">...</p>.

Sedangkan apabila sebuah paragraph itu dianggap sebagai sebuah judul atau sub judul tentu biasanya diberi perataan tengah dan tercetak tebal. Untuk keperluan yang lainnya tentu disesuaikan dengan kebutuhan dari dokumen tersebut.

UNDANG-UNDANG DASAR
REPUBLIK INDONESIA
1945

Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan inikemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Membuat DropCap
DropCap adalah huruf pertama yang dicetak lebih besar dari ukuran huruf-huruf selanjutnya. Biasanya DropCap digunakan pada koran-koran, majalah, bahkan tak jarang di halaman web juga. Oya untuk membuat DropCap Anda harus memahami CSS atau DHTML terlebih dahulu, ya cukup dasarnya saja sih kalau untuk sekedar keperluan membuat DropCap.

Baiklah... yang pelu dilakukan untuk membuat sebuah DropCap adalah menambahkan atribut style yang berisi minimal dua properties, float dan font-size. atribut tersebut bisa Anda gunakan pada tag untuk mengapit huruf yang akan dijadikan DropCap dengan syarat tag tersebut bersifat inline text misalnya <span>...</span>.

Mari kita lihat contoh sederhana berikut.

Sebagai media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak. Selain program aplikasi komputer (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Namun tentu saja penggunaannya harus berada di bawah pengawasan orang tua untuk alasan keamanan.

Dari contoh tersebut huruf 'S' diapit oleh inline tag <span> dengan atribut dan propertinya: <span style="float:left;font-size:36pt">S</span>. Sekarang saya akanmencoba sedikit membahasnya untuk lebih lanjutnya silakan Anda kembangkan sendiri dengan karya Anda. pada atribut style terdapat property float dan font-size. Float digunakan untuk menentukan letak konten (pilihan hanya 'left' dan 'right') sedangkan font-size untuk menentukan ukuran huruf (boleh dengan satuan 'px', 'pt', atau '%'). Untuk properti lainnya boleh Anda tambahkan di sini.

3. Membuat Paragraph Menjorok (Indent)
Tips ketiga yang akan saya bahas sekarang adalah membuat indentasi paragraph, yakni sebuah paragraph yang kalimat di awal paragraph itu menjorok beberapa senti.

Kita langsung menuju pengaplikasiannya pada contoh berikut.

Kata "komputer" berasal dari bahasa Inggris "to compute", yang berarti menghitung. Sedangkan "computer" berarti alat penghitung. Kemudian kata computer tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi komputer.

Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan hasil hasil berupa informasi.

Seperti halnya membuat DropCap, dalam pembuatan parapgraph yang menjorok ke dalam juga memberikan sebuah atribut namun dengan propertinya yang bernama text-indent yang berfungsi untuk menentukan berapa jarak awal kata dari paragraph itu menjoroknya. <p style="text-indent:1.27cm"> untuk satuan unitnya bisa memilih: inc, cm, px, em.

Ya untuk sementara segitu dulu dari saya, sekarang udah larut malem... lagian udah ngantuk, besok musti beraktifitas lagi, kerja. Semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk semuanya. Selamat malam :D